Kota Tual

KOTA TUAL 

GAMBARAN UMUM

Kota Tual

Kota Tual

Peta Kota Tual

Peta Kota Tual

Kota Tual memiliki luas wilayah keseluruhan 19.088,29 Km2. Secara astronomis Kota Tual terletak antara sekitar 50 – 6.50 Lintang Selatan dan 1310 – 133.50 Bujur Timur. Secara administrasi Pemerintahan Kota Tual terdiri atas 4 kecamatan, yaitu; Pulau Dullah Utara, Pulau Dullah Selatan, Tayando Tam dan Pulau-Pulau Kur, 26 desa, 3 kelurahan dan 10 dusun. Sebagai wilayah kepulauan yang memiliki 66 pulau, hanya 13 pulau yang berpenghuni sedangkan 53 pulau lainnya masih kosong dan umumnya digunakan sebagai lahan pertanian / perkebunan maupun sebagai tempat labuh kapal.

Kota Tual

Kota Tual

kota Tual

Kota Tual

DAERAH TUJUAN WISATA 

  • Pantai Difur

Pantai Rekreasi ini terletak di sebelah timur Desa Labetawi, kecamatan Dullah Utara 12 Km atau sekitar 30 menit dari kota Tual. Pantai Difur memiliki potensi pasir putih halus yang terhampar disepanjang garis pantai. Keberadaan tumbuhan pantai menjadikan pantai ini sejuk dan nyaman dikunjungi. Pantai ini sangat tepat untuk menikmati panorama alam, bersantai maupun berenang. Para wisatawan pun dimanjakan dengan jajanan tradisional serta aneka masakan seafood. Fasilitas akomodasi berupa penginapan dan cottage telah tersedia.

Pantai Difur

Pantai Difur

 

 

 

 

  • Pantai Nam Indah

Pantai Nam Indah terletak di Desa Ohoitahit, kecamatan Dullah Utara sekitar 45 menit dari Kota Tual. Pantai berpasir putih halus yang terbentang sepanjang 200 M ini terletak berhadapan dengan pantai Difur. Suasana tenang dan sejuk dengan pepohonan rindang menjadikan tempat ini cocok sebagai tempat bersantai didukung dengan fasilitas shelter, stage dan dermaga kayu.

Pantai Nam Indah

Pantai Nam Indah

  • Teluk Un

Teluk Un terletak di Desa Taar, kecamatan Dullah Selatan berjarak sekitar 15 menit dari kota Tual memiliki keindahan teluk dan pohon Mangrovenya. Kawasan ini menarik sebagai tempat berpetualang dengan perahu mengelilingi teluk. Selain itu, Desa Taar merupakan desa tradisional yang masih menjaga budaya leluhurnya dengan baik, hal ini terlihat dari beberapa peninggalan leluhur serta diadakannya upacara Sasi. Sumber air bersih yang terdapat di sekitar Teluk Un digunakan untuk kebutuhan masyarakat Kota Tual dan kabupaten Maluku Tenggara.

Teluk Un

Teluk Un

  • Danau Fanil

Danau Fanil terletak di Desa Ohoitel, kecamatan Dullah Utara, sekitar 30 menit berkendara dari Kota Tual. Danau Fanil merupakan objek wisata tirta. Saat ini danau Fanil digunakan sebagai sumber air bersih bagi kebutuhan masyarakat Kota Tual.

Danau Fanil

Danau Fanil

 

 

 

 

 

 

  • Pantai Duroa

Pantai Duroa terletak di Desa Dullah Laut merupakan pantai pasir putih halus. Sangat cocok untuk bersantai, berenang maupun snorkeling. Dari pantai Duroa terhampar pemandangan indah laut dan kota Tual. Akses ke pantai Duroa dapat ditempuh lewat perjalanan darat, yaitu berkendara sekitar 30 menit dari kota Tual ke Desa Dullah atau perjalanan laut, dari Dullah Darat menyeberang ke pulau Dullah Laut dengan perahu selama 10 menit. 

  • Pulau Adranan

Pulau Adranan merupakan pulau kecil seluas 500 M2 di Desa Dullah Laut yang termasuk dalam objek wisata unggulan. Memiliki daya tarik pantai pasir putih halus, pantai ini sangat cocok untuk berenang, diving maupun snorkel. Kondisi air laut yang jernih memungkinkan terumbu karang didalamnya terlihat jelas. Bagi masyarakat setempat, pantai Adranan digunakan sebagai tempat ritual Mandi (bulan) Safar yaitu untuk membersihkan diri. Daya tarik lain dari pulau ini adalah ketika terjadi perubahan musim timur, pasir pantainya akan bergeser ke timur begitupun sebaliknya dengan musim barat, pasir pantai akan bergeser kearah barat. Pulau Adranan dapat dicapai dari Desa Dullah menyeberang dengan kapal laut selama 20 menit atau dari Kota Tual dengan kapal laut.

 

Pantai Adranan

Pantai Adranan

  • Pulau Kaimeir

Pulau Kaimeir terletak di Desa Kaimeir, kecamatan Pulau-Pulau Kur. Pulau Kaimeir memiliki potensi wisata bahari dan peninggalan senjata berupa meriam. Pulau Kaimeir dapat dicapai dengan kapal cepat selama 5 jam dari Kota Tual atau dengan kapal ferry 1 x seminggu.

Pulau Kaimer

Pulau Kaimer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Goa Tengkorak Kepala 7

Goa Tengkorak kepala 7 adalah peninggalan masa lalu yang terletak di Desa Yamtel Tayando, kecamatan Tayando Tam. Menurut penuturan masyarakat setempat keberadaan  tengkorak kepala 7 ini setiap saat dapat berubah-ubah jumlahnya. Kadang bertambah dan kadang pula jumlahnya berkurang. Goa ini dapat dicapai dengan kapal cepat dari Kota Tual selama 2,5 jam sedangkan 4 jam dengan menggunakan kapal ferry.

Goa Tengkorak

Goa Tengkorak

  • Pulau Bair

Pulau Bair letaknya berdekatan dengan Pulau Ohoimas memiliki daya tarik tersendiri yaitu teluk dengan air yang jernih dan tenang, adanya vegetasi Mangrove dan memiliki tebing batu. Pulau ini sangat tepat bagi aktivitas bahari seperti diving, snorkel, berenang, memancing bahkan aman untuk berperahu dan jetsky karena terlindungi dari gelombang laut. Untuk mencapai pulau Bair diperlukan waktu berkendara sekitar 30 menit dari Kota Tual ke Desa Dullah, kemudian menyeberang ke Pulau Bair dengan kapal selama 30 menit atau pilihan lain langsung dari pelabuhan Kota Tual dengan menggunakan kapal laut.

Pulau Bair

Pulau Bair

  • Pulau Ohoimas

Pulau Ohoimas merupakan objek wisata unggulan yang berpotensi dikembangkannya wisata bahari, wisata kemah dan tempat untuk bersantai. Pulau Ohoimas dapat dicapai dengan berkendara dari Kota Tual ke Desa Dullah kemudian menyeberang dari dermaga Dullah ke Pulau Ohoimas dengan perahu selama 30 menit atau dari pelabuhan Kota Tual dengan kapal laut.

Pulau Ohoimas

Pulau Ohoimas

  • Pulau Warat Neu

Pulau Warat Neu merupakan pulau kecil seluas 1 hektar berdekatan dengan pulau Yamtel Tayando. Daya tarik pada pulau ini adalah pada bentuknya yang kecil dengan pasir putih halus dan merupakan surga bagi satwa burung. Setiap sore pulau ini ramai oleh kicauan burung yang baru kembali mencari makan. Biasanya wisatawan dating ke tempat ini untuk menikmati sunset dan sunrise. Pulau Warat Neu dapat dicapai dengan kapal laut dari pelabuhan Kota Tual selama 2.5 jam atau dengan kapal ferry selama 4 jam.

Pulau Narat Neu

Pulau Narat Neu

  • Pantai Werajo

Pantai Werajo merupakan pantai pasir putih dengan pemandangan alam lepas berhadapan dengan Pulau Kaimeir dan berdekatan dengan pelabuhan ferry Tubyal, Pulau Kur. Pantai ini dapat dicapai dengan kapal cepat selama 5 jam dari Kota Tual atau dengan kapal ferry rute: Kota Tual – Tayando – Pp.Kur 1 x seminggu.

Pantai Werajo

Pantai Werajo

  • Museum dan Benteng Pertahanan Duroa

Situs bersejarah peninggalan tentara Jepang ini terletak di Desa Dullah Laut dan berada dikawasan pantai Duroa. Pantai Duroa dapat dicapai dengan berkendara selama 30 menit dari Kota Tual ke desa Dullah, kemudian menyeberang ke Pulau Dullah Laut dengan perahu selama 10 menit.

Museum dan Benteng

Museum dan Benteng Pertahanan Durao

  • Museum Perahu Belan

Perahu Belan (Kora-Kora) merupakan perahu tradisional masyarakat Kei. Museum ini terletak di Desa Dullah utara dan merupakan salah satu objek wisata peninggalan budaya Kota Tual. Berlokasi sekitar 30 menit dari Kota Tual.

Museum Perahu Belan

Museum Perahu Belan

 

 

  • Jembatan Fair

Jembatan Fair terletak di Dusun Fair, kecamatan Dullah Selatan. Jembatan Fair menghubungkan Pulau Fair di Kota Tual dan Pulau Kei Kecil di kabupaten Maluku Tenggara. Orang-orang suka menikmati matahari terbenam dari kedua jembatan tersebut sebelum matahari terbenam hingga sore.

Jembatan Fair

Jembatan Fair

 

AKOMODASI

  • Hotel Asnolia. Jl. Mayor Abdullah. T. (0916) 22106
  • Hotel Surya Indah. Jl. Baldu Wahadat. T. (0916) 23223
  • Penginapan Linda Mas. Jl. Dihir Un. T. (0916) 21217
  • Wisma Biru. Jl.Fidnang Armau.
  • Penginapan Cahaya. Jl. Pattimura. T. (0916) 21327
  • Penginapan Nilam Sari. Jl. Pattimura. T. (0916) 21327
  • Penginapan Mega Mulia. Jl. Fidnang Armau. T.(0916) 21540
  • Penginapan Charlie. Jl. Yos Sudarso. T. (0916) 21923
  • Penginapan Mutiara. Jl. Pasar Inpress
  • Penginapan Amarlewa. Jl. Dihir Un
  • Penginapan Nusantara. Jl. Baldu Wahadat
  • Losmen Amelia. Jl. Fidnang Armau

 

RESTORAN

  • RM Diva. Jl. Baldu Wahadat
  • RM. Pelangi. Jl. Baldu Wahadat
  • RM. Ayah Surya. Jl. Pattimura
  • RM. Rasa Sayang. Jl. Pattimura
  • Rumah Kopi Sari Wangi. Jl. Pattimura
  • RM. Setia. Jl. Pattimura
  • RM. Laris Manis. Jl. Fidnang Armau
  • RM. Minang Jaya. Jl. Kompleks Pelabuhan
  • RM. Remaja. Jl. Mayor Abdullah
  • RM. Cipta RasaJl. Raya Ohoitel
Share Button

Komentar Anda

Links:oakley sunglasses outletoakley sunglasses outletBeats By Drecheap beats by dreCheap Beats By Drecheap beats by drelouis vuitton outletlouis vuitton outletlouis vuitton outletray ban sunglasses outletcheap beats by drecheap beats by drecheap beats by drecheap beats by drecheap beats by drecheap beats by drecheap beats by drecheap beats by dreray ban sunglasses outletray ban sunglasses outletray ban sunglasses outletray ban sunglasses outletoakley sunglasses outletoakley sunglasses outletoakley sunglasses outletChristian louboutin outletChristian louboutin outletChristian louboutin outletChristian louboutin outletlouis vuitton outletlouis vuitton outlet